10 Masjid Terbesar di Istanbul

Istanbul, kota yang kaya akan sejarah dan budaya, merupakan rumah bagi banyak masjid megah yang menjadi saksi bisu perjalanan panjang peradaban. Berikut adalah sepuluh masjid terbesar di Istanbul yang tidak hanya memiliki ukuran yang mengesankan tetapi juga nilai sejarah dan arsitektur yang tinggi.

1. Masjid Sultan Ahmed (Masjid Biru)

Masjid Sultan Ahmed, lebih dikenal sebagai Masjid Biru, adalah salah satu landmark paling terkenal di Istanbul. Dibangun antara tahun 1609 dan 1616 atas perintah Sultan Ahmed I, masjid ini terkenal dengan enam menara dan interiornya yang dihiasi lebih dari 20.000 ubin biru Iznik.

2. Masjid Süleymaniye

Masjid Süleymaniye, dibangun pada masa pemerintahan Sultan Suleiman the Magnificent pada abad ke-16, adalah salah satu karya arsitektur terpenting karya Mimar Sinan. Terletak di atas bukit ketiga Istanbul, masjid ini menawarkan pemandangan indah ke arah Golden Horn dan merupakan kompleks besar yang mencakup madrasah, rumah sakit, dan perpustakaan.

3. Masjid Fatih

Masjid Fatih, didirikan oleh Sultan Mehmed II pada tahun 1463-1470, adalah salah satu masjid paling bersejarah di Istanbul. Masjid ini dibangun di atas reruntuhan Gereja Apostolik Bizantium dan menjadi pusat keagamaan serta pendidikan pada zamannya.

4. Masjid Yeni (Masjid Yeni Cami)

Masjid Yeni, juga dikenal sebagai Yeni Cami, terletak di Eminönü, dekat dengan Bosporus. Pembangunannya dimulai pada tahun 1597 dan selesai pada tahun 1665, memakan waktu lebih dari setengah abad. Masjid ini dikenal dengan kubah besarnya dan dekorasi interior yang mewah.

5. Masjid Ortaköy

Masjid Ortaköy, terletak di tepi Bosporus, adalah salah satu masjid paling indah di Istanbul dengan pemandangan yang menakjubkan. Dibangun pada pertengahan abad ke-19 oleh Sultan Abdülmecid I, masjid ini memiliki arsitektur barok yang unik dengan menara kembar yang menonjol.

6. Masjid Eyüp Sultan

Masjid Eyüp Sultan, dibangun pada tahun 1458, adalah salah satu masjid paling suci di Istanbul. Terletak di dekat Tanduk Emas, masjid ini dibangun untuk menghormati Abu Ayyub al-Ansari, seorang sahabat Nabi Muhammad. Masjid ini sering dikunjungi oleh peziarah dari seluruh dunia.

7. Masjid Dolmabahçe

Masjid Dolmabahçe, terletak di dekat Istana Dolmabahçe di tepi Bosporus, adalah contoh arsitektur Ottoman abad ke-19. Dibangun atas perintah Sultan Abdülmecid I, masjid ini dikenal dengan desain baroknya yang elegan dan interior yang luas.

8. Masjid Şehzade

Masjid Şehzade, dibangun oleh Sultan Süleyman the Magnificent sebagai penghormatan kepada putranya, Şehzade Mehmed, yang meninggal muda. Dirancang oleh arsitek terkenal Mimar Sinan, masjid ini merupakan salah satu contoh awal arsitektur klasik Ottoman.

9. Masjid Rüstem Pasha

Masjid Rüstem Pasha, dibangun pada tahun 1561-1563 atas perintah Rüstem Pasha, menantu Sultan Süleyman. Masjid ini terkenal dengan ubin Iznik yang menghiasi interiornya, memberikan warna dan pola yang menakjubkan.

10. Masjid Kılıç Ali Pasha

Masjid Kılıç Ali Pasha, dibangun oleh Mimar Sinan atas perintah Laksamana Kılıç Ali Pasha pada tahun 1580. Terletak di Tophane, masjid ini menampilkan arsitektur klasik Ottoman dengan kubah besar dan interior yang elegan.

Kesimpulan

Masjid-masjid besar di Istanbul tidak hanya menjadi tempat ibadah tetapi juga monumen sejarah dan budaya yang mencerminkan kejayaan masa lalu. Setiap masjid memiliki cerita dan karakteristik unik yang menjadikannya warisan yang tak ternilai. Mengunjungi masjid-masjid ini adalah cara yang luar biasa untuk memahami kekayaan sejarah dan keindahan arsitektur Istanbul.